Ads Top

Jadilah Sponge Cuci Piring


Source Image : Google



Selamat sore wak.


sudah lama penulis meninggalkan salah satu hobi yang penulis senangi ini. pada tulisan kali ini penulis ingin memberikan analogi sederhana yang timbul saat gua lagi galau gundah gulana pokok nya mix feeling lah.

dari pada menunggu chat doi yang tak berkesudahan mending produktif buat draft yang barangkali berguna untuk kalian para pekerja baru sebagai acuan untuk gimana sih di dunia kerja. tulisan ini gua buat ya berdasarkan pengalaman sendiri yang di alami ketika baru masuk kerja di pemerintahan. ya you know lah. shitty intermezo.

jadi penulis meng analogikan cara belajar dan sponge cuci piring serta men cocokologi kan nya sama dunia kerja. intisari nya gini. sponge yang kurang menyerap air sabun tidak akan membersihkan lemak bandel pada piring kotor kalian.

Source Image : Google

1. pilih sabun yang sesuai dengan jenis kotoran

sabun disini penulis analogikan dari panutan atau siapa yang kita anggap pandai di tempat kerja kita. dimana bisa kita jadikan sebagai mentor atau trainer yang dapat di mintai saran saran atau ilmu ilmu yang pastinya sangat banyak berdasarkan pengalaman kerja dia selama bekerja di perusahaan itu. jadi semakin banyak ilmu dan pengalaman kita pilih dia sebagai panutan kita.

Source Image : Google

2. campurkan dengan air

ketika kita telah mendapat mentor. tentu informasi atau saran tidak dapat dengan sempurna kita terima pasti ada beberapa kesalahan yang kita lakukan selama berkerja karena kita memang belum paham betul dengan apa yang kita kerjakan. maka dari itu campurkan dengan air. kita harus pandai mengolah informasi atau saran dari atasan atau panutan kita tadi guna dapat terserap dan ketika kita di lepas untuk berkerja sendirian kita telah cair dan dapat mengikuti ritme kerja dari perusahaan atau tempat kita berkerja.

Source Image : Google


3. serap dengan sponge kering

serap lah informasi atau saran serta cerita pengalaman kerja tersebut dengan menganggap diri kita itu masih kering, dalam artian sponge yang basah tidak bisa menyerap sabun. namun sponge kering dapat menyerap sabun dengan sempurna. intinya jangan sok tahu dan sok berilmu karena di dunia kerja pengalaman memang lah yang utama di banding keilmuan kita. karena ilmu belum tentu sama dengan di lapangan. jadi bersikap rendah diri dan menerima serta mengolah informasi atau saran atau bimbingan dari atasan kita itu sangat penting agar kita dapat beradaptasi dengan baik dan cepat dalam menjalankan tugas.


Source Image : Google
4. gosok piring sampai bersih

selesaikan masalah sampai tuntas. penulis menyadari bahwa anak baru kerja atau orang yang berkerja pada bidang baru sering kali lama dalam menyelesaikan masalah dan its okay. kalian jangan minder dan terus belajar. ketika kalian telah piawai dalam berkerja lambat. kalian akan menemukan flow atau ritme kerja yang perusahaan kalian perlukan sehingga target target perusahaan akan tercapai. so selesaikan pekerjaan mu jangan tunda pekerjaan mu. lambat tak apa yang penting selesai satu per satu. sama halnya dengan mencuci piring. kalian tidak bisa mencuci 2 piring dalam satu waktu. jadi kerjakan pekerjaan kalian satu persatu agar tidak smrawut.

Source Image : Google
5. cuci sponge dengan air sampai bersih

ketika kalian telah selesai dengan masalah atau pekerjaan kalian. cucilah sponge tersebut sampai bersih. dalam artian kalian memang orang baru atau orang yang berkerja pada bidang baru, namun jangan sampai pekerjaan tersebut membuat anda stress sehingga kalian cepat rusak dan nantinya akan di buang atau di gantikan. ketika selesai dengan satu pekerjaan cobalah untuk refresh sejenak apa yang kalian kerjakan hari ini. evaluasi lagi sampai kalian menemukan kaya oooo gini to caranya. hooo gampang sbenar nya. jadi kalian akan fresh lagi dan siap untuk mencuci piring di ke esokan hari nya.


panjang nggk sih?
yaudah mungkin segini aja ide atau ketikan yang mudah mudahan kalian para pembaca dapat menemukan suatu hal yang dapat di terapkan dalam dunia kerja kalian.

see you in my next post :)
Jadilah Sponge Cuci Piring Jadilah Sponge Cuci Piring Reviewed by yogie on June 08, 2019 Rating: 5

1 comment

  1. Hmmm yaaaa..yayaya..yaya!! Di radio..aku dengar..lagu kesayanganmu...

    ReplyDelete

Follow Us

Instagram