Ads Top

Ale - Ale Makanan Khas Kabupaten Ketapang yang Melegenda


 
Sumber Gambar : Google


Ale-ale  adalah sejenis kerang yang mirip seperti remis, tapi bentuknya lebih kecil. Cangkangnya berwarna putih dan dagingnya berwarna putih bening. Jika diolah menjadi makanan, rasanya gurih gurih nyooooi! foto di atas tuh sambal ale ale kalo aku malah kurang kalo cuman segitu wakwakwak.

 
Kerang Ale Ale (Sumber Gambar : Google)


Uniknya nih, ale-ale   tuh hanya ada di Kalimantan Barat, khususnya Kota Ketapang, lo! Kota terbesar di Kalimantan Barat itu sudah sangat akrab dengan ale-ale. Bahkan, Kota Ketapang juga dikenal dengan sebutan Kota Ale-ale. Kota Ketapang  adalah kabupaten terbesar di Kalimantan Barat yang terletak di desa Sungai Pawan.
Saking akrabnya Ketapang dengan ale-ale, kota ini membangun Bundaran Ale-ale di titik nolnya. Bundaran ini menjadi simbol legenda pohon ketapang dan ale-ale. Menurut cerita masyarakatnya, Sungai Pawan merupakan penjelmaan dari pohon ketapang raksasa di kota ini, dan ale-ale awalnya adalah buah dari pohon ketapang itu.


 
Tugu Ale Ale Ketapang (Sumber Gambar : Sherly Siddiq)

Banyak penduduk kota Ketapang  bekerja menjadi nelayan ale-ale atau membuka usaha kuliner ale-ale. Sebagai makanan, kerang berprotein tinggi ini rasanya sangat gurih dan mudah diolah. Olahan ale-ale paling sederhana tapi paling banyak disukai adalah dimasak dengan cara direbus dan hanya dibumbui dengan garam.

 
Sumber Gambar : KetapangCity.blogspot.com

Seiring dengan perkembangan waktu, makanan khas Ketapang  ini semakin banyak variasinya. Ada yang membuat serundeng ale-ale (dicampur kelapa parut), ale-ale asam manis, ale-ale bumbu mercon, dan bumbu lainnya. Selain karena kaldu dari daging kerangnya itu sendiri, bumbu khas Kalimantan Barat kerap menyempurnakan kenikmatan masakan ale-ale.

Siapa yang mau menikmati ale-ale di Kota Ketapang?
Kalau kamu tinggal di luar Kota Ketapang, kamu bisa pergi ke Kota Ketapang dengan menggunakan pesawat. tapi biasanya kalo dari pulau jawa transit dulu di Bandara Supadio Pontianak trus lanjut lagi menuju Bandara Rahadi Oesman Ketapang. tenang cuman 35 menitan kok pake pesawat dari pontianak ke Ketapang.
Kamu dan keluargamu bisa terbang ke Kota Ketapang dengan beberapa maskapai domestik seperti Garuda Indonesia, Trigana Air, Lion Air , dan Sriwijaya Air. O ya, untuk mendapatkan harga termurah, booking online tiket pesawat  jauh sebelum hari keberangkatan, ya!
Ale - Ale Makanan Khas Kabupaten Ketapang yang Melegenda Ale - Ale Makanan Khas Kabupaten Ketapang yang Melegenda Reviewed by yogie on April 08, 2016 Rating: 5

4 comments

  1. Replies
    1. memang enak ce aku aja kurang kalo cuman segitu

      Delete
  2. Kalau di Padang nama nya pensi, banyak yg jual di taplau Padang. Sekali2 main k padang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Bang! Kalau ke sumatra mau foto di jam gadang :D

      Delete

Follow Us

Instagram