Ads Top

Expert. Mengejar 10 Ribu Jam Pengalaman.



Image Source : Google
Selamat Pagi Semua.
Dalam dunia kerja dimana Skill memang sangat di perlukan sebagai penunjang pekerjaan. Bahkan sampai bisa di bilang penentu pekerjaan, sangat sulit sekali untuk mendapat gelar Expert. Gelar ini bukanlah gelar seperti sarjana atau gelar yang di berikan berkat menempuh pendidikan. Seorang Expert adalah seorang yang bisa di bilang sangat ahli dan paham seluk beluk pekerjaan atatu bidang yang dia di katakan expert.


ada sebuah Frasa yang di ungkapkan oleh rekan kerja saya yaitu "Seorang Expert adalah Orang yang mendedikasikan atau telah melewati 10 Ribu jam kerja dan mengerjakan SATU bidang." Penulis sangat tertarik untuk mencari informasi bagaimana bisa seorang di katakan expert dan mencoba menjawab pertanyaan - pertanyaan yang muncul di kepala penulis untuk menjadi seorang expert.

Image source : Google

tentu saja ini hanyalah hasil dari pemikiran penulis dan belum tentu terbukti 100% di lapangan.
Namun penulis berusaha agar hasil pemikiran ini masuk akal dan mungkin bisa di terapkan untuk anda yang ingin menjadi expert di bidang anda.

______
Kenapa Anda harus menjadi expert?

Setiap bidang atau setiap skill memerlukan seorang yang ahli, karena itu anda bisa memulai dengan mencari tau apa saja yang munkin anda minati atau kuasai saat ini dan selanjutnya anda bisa memfokuskan diri kepada hal yang paling anda minati tersebut sampai tercapai 10 Ribu Jam.

Apa yang harus saya Fokus kan untuk mengejar 10 Ribu jam?

Untuk menjadi seorang Expert tentu perlu berkorban. Entah itu biaya waktu dan tenaga. namun jika dalam pekerjaan anda bisa fokus tentu hasil nya akan bagus. Mulailah dari apa yang sudah anda kuasai. jika susah Mulailah dari apa yang anda sukai, jika masih susah, mulailah dengan mencari tahu minat anda dengan mendengarkan rekan anda. tanyalah mereka untuk mendeskribsikan anda mempunyai skill di bidang apa atau anda sangat senang di bidang apa.

Bagaimana caranya saya bisa fokus?

setelah anda menemukan titik fokus untuk kalian bisa mencurahkan waktu dan tenaga kalian ke titik tersebut, selanjutnya anda bisa mencari influencer yang sudah expert duluan. cari lah sebanyak banyak nya dan seluas luas nya.
Image Source : Feelgoodjoey.com


Setelah menemukan influencer mulailah untuk menerapkan teori ATM (Amati Tiru Modifikasi) karena jika anda hanya meniru anda tidak akan kemana mana. tetapi jika anda membuat modifikasi anda sudah menambahkan "Unsur Anda" ke dalam suatu karya atau bidang anda. dan teruslah fokus mengerjakan hal tersebut sampai anda paham cara kerja nya, dan sampai anda terbesit pemikiran Membuat yang Original Anda.

Apa 10 Ribu jam itu tidak terlalu lama?
Kembali lagi pada point sebelum nya di mana anda harus berkorban untuk menjadi seorang expert. Akan ada kebanggan pada diri anda jika anda sudah mendapat predikat expert di passion anda. lambat laun anda akan di kenal Expert dalam bidang yang anda tuju. misal Expert Design Grafis atau Expert Marketing dan sebagai nya.

Keuntungan menjadi seorang Expert.
dengan menjadi seorang Expert anda menjadi salah satu manusia Special di mana anda akan di cari oleh pekerjaan. Bukan anda lagi yang mencari pekerjaan, karena orang tau keahlian anda dan pengalaman anda. saat ini penulis membuat artikel ini 2 orang rekan penulis sedang menuju hal tersebut, salah satu nya ingin menjadi Expert di bidang Design interior dan satu orang ingin menjadi Expert di bidang Advertising.

Image Source : Google


dari yang penulis lihat sebagai awam, ke dua rekan penulis tersebut mencurahkan fokus, tenaga, fikiran mereka dalam setahun terakhir dalam dunia nya masing - masing. Dan dari hasil diskusi di warung kopi, hasil nya mulai kelihatan. Yang di bagian Advertising mulai mendapat tawaran - tawaran menjadi Publisher dari luar negri. Deal atau tidak nya menjadi Publisher luar negri tersebut bisa kita kesampingkan yang penting nama atau pekerjaan nya telah terdengar gaung nya sampai ke luar negri. Suatu pencapaian yang luar biasa bukan?

Image Source : Google


Yang di bagian Design Interior saat ini penulis lihat masih agak tertinggal karena masih mencari ciri design yang sangat sulit di temukan. Tetapi suatu pencapaian yang telah penulis lihat adalah dia telah mendapat pelanggan dari kalangan teman - teman nya. Walau pun kecil, Personal image sebagai seorang Design Interior sudah mulai terbangun dan itu juga adalah suatu pencapaian yang membanggakan.

Image Source : Google

jika mereka melanjutkan dan fokus dalam dunia yang mereka geluti sekarang dan menuntaskan Frasa 10 ribu jam untuk menjadi seorang expert, bukan tidak mungkin mereka bisa sukses di kemudian hari dan mendapat tawaran yang belum pernah terfikirkan sekarang.

Mengejar 10 Ribu jam Pengalaman tidak mudah. Tapi bukan berarti tidak mungkin.

Expert. Mengejar 10 Ribu Jam Pengalaman. Expert. Mengejar 10 Ribu Jam Pengalaman. Reviewed by yogie on December 20, 2017 Rating: 5

No comments

Follow Us

Instagram