Rencana Strategi Pengembangan Pariwisata Candi Abang Yogyakarta
Candi Abang ini letaknya ada di kalasan. nggak jauh dari bandara dan candi candi di sekitar kawasan kalasan. nah yang unik dari candi abang ini tuh ya candi ini nggk berbentuk seperti candi melainkan rumah teletubies. banyak kok yang bilang kalo ini memang lebih mirip rumah teletubies dari pada sebuah candi. tapi sebenarnya ini Candi yang di bangun dari bata merah dan dalam bahasa jawa merah artinya Abang. bukan abang abangan ya.
Nah, menurut penelitian candi ini di bangun sekitar abad ke 9 Kerajaan Mataram Kuno. lumayan tua ya. tapi sebetulnya candi ini dibanding candi candi di sekitar termasuk yang paling muda lhoo. makanya mirip rumah teletubies. nggk kok. candi ini berbentuk piramid dengan ukuran 36 x 34 meter. pada awal penemuan nya terdapat arca dan alas yoni yaitu lambang dewa Siwa.
sebenarnya ini nih tugas matakuliah Strategi Pengembangan Pariwisata. dari pada di anggurin nggak jelas kebetulan dapat tugas buat posting hal tentang pariwisata di blog maka di limpahkan lah tugas ini ke sini.
oke terkait rencana perkembangan ada beberapa hal yang perlu di ketahui terlebih dahulu sebelum masuk ke rencana pengembangan ini.
Kritisi Candi Abang
- Status Kawasan sebagai cagar budaya yang berwujud candi terhitung masih sangat terawat tetapi tingkat kebersihannya masih belum dijaga dimana saat kami berkunjung kesana, masih terdapat sampah di lokasi inti candi tersebut. kerusakan yang mungkin akan terjadi apabila pengunjung makin banyak yang menaiki candi tersebut maka tanah akan tergerus ke bawah
- fungsi kawasan sekitar yang juga sebagai ruang terbuka hijau masih sangat baik indah dan alami. fasilitas yang belum ada adalah toilet umum dan tempat sampah.
Identifikasi Peluang dan Trend
- Trend Wisata Back To Nature
- Peluang Candi Abang yang tidak jauh dari kota
- Masyarakat di lingkungan sekitar sangat Wellcome dengan wisatawan
- Balum ada Pengembangan yang dilakukan sehingga masih memiliki potensi untuk menarik wisatawan apabila dikembangkan
- Lingkungan yang bersih dan asri
Jalan setapak yang masil terjaga keaslian nya. tidak becek dan kondisi nya sangan baik. |
Team saat studi lapangan terkait tugas Bu Tika. hidup Bu Tika!! |
Nah setelah kita tau Peluang dan Trend yang ada kita analisis deh pake Analisis SWOT
Internal
|
Positif
|
Negativ
|
|
No
|
Kekuatan
|
Kelemahan
|
|
1
|
Dekat dengan pusat kota
|
Kurangnya Penunjuk arah
|
|
2
|
Keadaan Pedesaan yang Asri
|
Jalan yang menanjak
|
|
3
|
Perbukitan Dgn Hutan yang luas
|
Kamar mandi yang jauh
|
|
4
|
Sudah
mulai ada penjual makanan
|
Penjual makanan yang jauh
|
|
5
|
Home Stay yang ramah lingkungan
|
||
6
|
Ruang Terbuka hijau alami yg luas
|
||
Eksternal
|
Peluang
|
Ancaman
|
|
1
|
Termasuk objek wisata baru
|
Agro wisata mangunan
|
|
2
|
Dekat dengan bandara
|
Candi ijo
|
|
3
|
View yang bagus untuk foto
|
Candi Ratu Boko
|
|
4
|
Dekat dengan objek wisata sekitar
|
||
5
|
Akses yang baik
|
||
6
|
Setelah analisis SWOT di lakukan maka akan didapat Strategi pengembangan dengan mengolah SWOT itu
Internal
Eksternal
|
Strenght ( Kekuatan)
|
Weakness ( Kelemahan)
|
|||
1
|
Dekat dengan pusat kota
|
1
|
Kurangnya Penunjuk arah
|
||
2
|
Keadaan Pedesaan yang Asri
|
2
|
Jalan yang menanjak
|
||
3
|
Sudah Mulai ada penjual makanan
|
3
|
Kamar mandi yang jauh
|
||
4
|
Perbukitan Dgn Hutan yang luas
|
4
|
Penjual makanan yang jauh
|
||
5
|
Ruang Terbuka hijau alami yg luas
|
5
|
Kurangnya Penunjuk arah
|
||
Oportunities (Peluang)
|
Strategi
OS
|
Strategi OW
|
|||
1
|
Termasuk objek wisata baru
|
1
|
Memaksimalkan promosi dan menjaga lingkungan
|
1
|
Memasang penunjuk arah yang lebih banyak
|
2
|
Dekat dengan bandara
|
2
|
Menaruh hasil foto di candi abang di bandara
|
2
|
Mengatur arah keluar masuk mobil dengan dua juru
parkir di atas dan di bawah dengan alat komunikasi
|
3
|
View yang bagus untuk foto
|
3
|
Promosi via media sosial yang banyak penggunanya
adalah anak muda
|
3
|
Membangun toilet di bawah yang tidak terlalu
jauh dengan candi abang
|
4
|
Dekat dengan objek wisata sekitar
|
4
|
4
|
Di berikan souvenir hasil dari candi abang
|
|
5
|
5
|
5
|
Di beri kantong sampah agar keadaan di sekitar
candi tetap bersih
|
Treats ( Ancaman)
|
Strategi TS
|
Strategi TW
|
|||
1
|
Agro wisata mangunan
|
1
|
Menjaga suasana pedesaan agar tetap asri
|
1
|
Membuat Struktur organisasi yang kuat
|
2
|
Candi ijo
|
2
|
Melakukan promosi atau membuat paket wisata
kalasan
|
2
|
Membuat suatu event bulanan atau tahunan
|
3
|
Candi Ratu Boko
|
3
|
Menjaga & Merawat hutan sekitar agar tetap
terjaga pemandangan yang indah
|
3
|
Mengolah hasil hutan menjadi souvenir
|
4
|
4
|
Menjaga kebersihan ruang terbuka hijau alami
yang dimiliki
|
4
|
setelah mengetahui apa yang udah di dapat di analisis SWOT maka dapat dilakukan strateginya.
3. Kembali membuka atau memfungsikan track downhill sepeda yang sudah ada namun terbengkalai sehingga memperlebar segmen pemasaran.
4. memaksimalkan pencatatan jumlah wisatawan dengan menggunakan karcis parkir yang ada nomer seri sehingga dapat diperoleh data jumlah kunjungan wisatawan perhari nya.
5. membuat toilet umum tidak jauh dari zonasi yang ada.
6. penjual makanan diharapkan menjual makanan dengan jenis jajanan pasar yang dapat di buat sendiri. dalam artian tidak atau meminimalisir penggunaan bungkus plastik.
Pemandangan dari atas candi abang |
Dari tadi ngomongin zonasi mulu. apaan sih zonasi zonasi. jadi zonasi ini berfungsi untuk membagi suatu objek wisata menjadi beberapa wilayah dengan fokus yang berbeda. untuk candi abang itu sendiri saya membuat zonasi sebagai berikut.
keterangan gambarMerah : Zona inti
Hijau : Zona Pendukung yang akan digunakan untuk konservasi dan pengenalan jenis pohon
Hitam : Downhill Track
Kuning : Ruang Terbuka Hijau
Coklat : Tempat sampah di letakan
Dengan harapan apabila dapat diterapkan dengan benar maka pengunjung di Candi Abang akan meningkat serta dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar serta tidak merusak kawasan Candi itu sendiri karena terdapat pengalihan fokus wisatawan dengan pembagian zonasi. jadi wisatawan yang datang tidak langsung ke zona inti namun dapat mengunjungi zona zona yang ada di sekitar.
DEEEEEEmikian Rencana Strategi Pengembangan Candi Abang Yogyakarta versi Mahasiswa ini di buat berdasarkan teori teori yang sudah di ajarkan sebelumnya oleh dosen dosen yang sangat kece badai. semoga dapat menjadi refrensi pengembangan di daerah kalian ya :D
Rencana Strategi Pengembangan Pariwisata Candi Abang Yogyakarta
Reviewed by yogie
on
April 05, 2016
Rating:
test test
ReplyDeletemasuk masuk
DeleteCoba bikin rencana strategi pengembangan pariwisata di Ketapang kite bg
ReplyDeletetunggu balek k ktg lah ye sa.
Deleteblm ad yg minta b dari ketapang ny sorang wahaha